Menjadi anak buah Polisi tentu merupakan suatu kebanggaan kalau sebagian buntal pemuda/pemudi pada Indonesia. Namun dalam prosesnya, banyak hal yang mesti dijalani, beserta membutuhkan spiritual pejuang serta kesabaran yang tinggi.

Bagi kali ini saya mencoba menjelaskan tahapan-tahapan pada proses seleksi calon elemen Polri saat umumnya dan bisa sekadar berubah rapi dengan berkembangnya zaman.

Tahapan Pertama

Pra melangkah menurut persiapan jilid administrasi (lamaran) ada baiknya dikau membaca tuntutan dan pakta terlebih lepas yang tatkala minta Panda (Panitia Daerah), disini terselip beberapa point yang kudu mendapat perhatian adalah Usia, Tinggi Badan, kualifikasi tuntunan yang pada minta bersama nilai, serta kesehatan badan baik luar maupun di. Setelah engkau merasa tata dan ketentuan ini tutup ada di dalam diri dikau silahkan menyampaikan ke tahapan berikutnya. Tetapi perlu di ingat lamun ada diantara syarat & ketentuan tersebut anda tidak bisa memenuhinya sebaiknya hengkang.

Tahapan Kedua Melengkapi Gabungan

Pada tahapan ini http://bhayangkara.news engkau harus mengalamatkan kegiatan kamu pada rangka kelengkapan berkas administrasi yang harus tatkala penuhi sebab peserta pengikut anggota polri, adapun tata administrasi yang harus pada lengkapi, umumnya sudah tatkala sediakan kosong pendaftaran sambil Panda yang terdiri atas:



Surat Permohonan Menjadi Anggota Polri, Tembusan Keterangan Belum Menikah, Surah Kesediaan Ditempatkan di Seluruh Lokasi Indonesia, bersama syarat-syarat yang harus dalam legalisir menyerupai Ijazah SD, SMP, SMA sampai PT dan masih banyak sedang.



Perlu digaris bawahi dalam tahapan itu yaitu bagi menyertakan surat-surat asli baik Ijazah, atau surat-surat kepadanan lainnya yang sudah yang jelaskan lebih dari untuk memudahkan pemeriksaan Perkakas Administrasi per Panda.

Tingkat Ketiga Penyaringan Administrasi

Di tahapan berikut para kontestan calon anggota polri bakal di mencocokkan kelengkapan Susunan Administrasi ahad persatu sama tim Pengamatan Administrasi per Panda serta Tim Independent (diknas setaraf pemeriksa Ijazah).

Tim Pengusut kelengkapan Berkas Administrasi bakal memeriksa beserta cermat & teliti menyerupai pemeriksaan kebenaran yang juga memasukin dengan peranti pendeteksi Kebenaran palsu. Pada tahapan berikut bagi yang belum pasti biasanya sedang ada kesempatan waktu utk melengkapinya secara catatan 1 x 24 jam terserah kebijaksanaan masing-masing Panda pengumuman Calon Anggota Polri.

Tahapan Keempat Penyortiran alternatif Psikologi

Pada waktu anda pada nyatakan persetujuan Seleksi Tata laksana sudah barang tentu kau masuk di dalam Penyaringan berikutnya diantaranya seleksi Psikologi yang tatkala mana di nilai disini adalah tingkat IQ, Kelakuan, Serta Perilaku anda sehari-hari akan tersembul dalam test ini. Dalam test yang ada hampir 1/3 dari Kader anggota Polri akan digugurkan dalam bermanfaat di seleksi mana yang “berkompeten atau tidak” pada test ilmu jiwa ini.